March 18, 2015

TIPS SUKSES BISNIS KULINER - RESTORAN DAN CAFE

Gambar: thevandallist.com

Bisnis kuliner memang tidak pernah mati, ini Fakta!
Banyak orang yang membuka cafe maupun restoran baru, dengan harapan bisa mengambil keuntungan. Mengingat tujuan makan ke cafe atau restoran sekarang ini tidaklah hanya sekedar untuk makan, akan tetapi untuk lifestyle juga. Akan tetapi, banyk orang yang membuka tempat makan ini tidak dengan pertimbangan yang baik, cenderung asal buka. Tentu saja hasilnya kurang maksimal.

Disini saya akan sharing tips dan trik agar restoran / cafe banyak dikunjungi oleh orang dan sukses. Artikel ini saya rangkum dari sumber-sumber yang kredibel dan pengalaman saya pribadi.


1. LOKASI

Lokasi merupakan faktor utama yang sangat sangat sangat penting. Semua bisnis yang ada tentunya harus berada di lokasi yang bagus/prime. Lokasi yang ramai oleh lalu-lalang orang maupun kendaraan bermotor, dapat dikatakan lokasi yang strategis. Bagaimana tidak, lokasi kuliner anda akan dengan mudah dilihat dan diakses oleh orang lain. Baik yang sudah langganan ataupun yang belum pernah mencoba, penempatan lokasi yang strategis akan menjaring pengunjung lebih banyak. Faktor ketersediaan lahan parkir pun juga penting. Kebanyakan orang malas untuk parkir dipinggir atau bahkan diseberang jalan. Melihat lahan parkir yang sempit dan penuh, membuat pengunjung yang datang selewat atau bahkan yang sudah langganan pun malas datang ke tempat anda. Jika anda menginginkan lokasi khusus (pinggir pantai, diatas gunung, pinggir tebing), pastikan aksesibilitas menuju tempat anda mudah ditelusuri dan tidak banyak hambatan di jalan.

2. KONSEP

Restoran dengan meja dan kursi seadanya, dan tidak adanya hiasan dinding sudah biasa, banyak malah. Karena bisnis kuliner sekarang lebih ditekankan kepada lifestyle, konsep yang baik dan unik pun perlu dipertimbangkan. Jika anda menginginkan restoran/cafe anda eksis di media sosial dikalangan remaja, maka anda harus memiliki konsep yang unik. Konsep retro, vintage, dan kasual semiklasik menjadi destinasi utama para penggila media sosial, photographer, maupun tempat nongkrong yang asik. Dengan tempat yang lucu misalnya, pengunjung akan berfoto di tempat anda, dan bahkan berfoto bersama makanan anda. Mereka akan sebarkan dimedia sosial mereka sehingga orang disekitarnya melihat dan akhirnya mengenali resto/cafe anda. Pemasaran secara tidak langsung bukan?

3. RASA

Rasa merupakan elemen terpenting utama yang ada di makanan selain penyajian dan tekstur makanan. Untuk menghasilkan makanan yang enak, tentunya anda atau koki anda harus berpengalaman. Jika anda berniat membuka resto dengan memasak sendiri, coba minta kepada teman anda agar mencicipi masakan anda. Rasa yang enak akan mengundang banyak pengunjung. Eits, jangan hanya enak saja, tapi penyajian harus menarik, dan juga ada efek 'bikin kangen' terhadap masakan anda. Restoran/cafe yang enak sudah banyak, tapi masih sedikit yang bisa memberikan 'rasa kangen' sehingga pelanggan berkali-kali datang ke tempat anda. Contohnya, rasa yang dibuat berbeda dan mempunyai ciri khas anda tersendiri. Jika ingin membuka masakan luar negeri, Chinese Food misalnya, buat rasa masakan anda semirip mungkin dengan masakan yang dibuat di negara asalnya.

4. INTERIOR DESIGN

Interior kini bukan sesuatu yang biasa, melainkan harus update dan secara tidak langsung akan menyukseskan bisnis kuliner anda. Entah simple atau catchy, buatlah pengunjung senyaman mungkin ada di restoran/cafe anda. Pada cafe misalnya, dinding yang diberi wallpaper, beberapa kursi diganti dengan sofa, lampu kuning redup di drop ceiling, lukisan maupun pernak pernik unik yang disimpan di lemari atau atas meja, bisa menjadi daya tarik kuat untuk menarik pengunjung. Tak jarang kalangan muda zaman sekarang mengutamakan tempat yang unik dibanding yang biasa saja, dengan alasan bisa dijadikan tempat untuk berfoto. Musik juga perlu diberikan di ruangan. Musik yang tenang, membuat pengunjung betah dan ingin berlama-lama di tempat anda. Jadikan restoran/cafe anda sebagai 'rumah ketiga' bagi pengunjung seperti yang diaplikasikan di Starbucks Coffee. Jadikan tempat kuliner anda menjadi 'rumah ketiga' selain rumah pribadi dan tempat bekerja mereka, dimana mereka bisa menyelesaikan pekerjaan mereka di laptop sambil bersantai dan mengobrol bersama teman atau sahabat. Warna juga berpengaruh penting pada psikologis manusia, dalam hal ini nafsu makan pengunjung.

Warna yang disarankan adalah merah, oranye, dan kuning. Warna merah artinya berani. Berani itu berarti memacu adrenalin yang tinggi. Adrenalin yang tinggi menyebabkan energi berkuras sedikit demi sedikit sehingga membuat rasa lapar. Warna coklat juga memberikan kesan natural sehingga pengunjung dapat merasakan kenyamanan saat berkunjung. Banyak resto/cafe yang sudah sukses memakai interiornya dengan warna-warna tersebut.

Hindari warna biru pada dinding atau ornamen lainnya. Warna biru memberikan kesan cool dan calm, sehingga membuat pelanggan merasa 'kenyang sebelum makan'. Ini merupakan info dari ilmu psikologi manusia yang mengatakan demikian.

Untuk piring, pakailah piring yang berwarna cerah, putih misalnya. Piring berwarna cerah dapat meningkatkan nafsu makan bagi pengunjung. Sebaliknya, piring yang berwarna gelap misalnya warna hitam, membuat pengunjung akan makan lebih sedikit dari porsi normalnya. Biasanya orang yang sedang diet makan dengan piring berwarna hitam.

Hindari pemakaian cermin besar di dalam ruangan. Pengunjung akan cenderung makan lebih sedikit jika mereka makan berhadapan dengan cermin. Sebaiknya menggunakan jendela yang cukup banyak. Pengunjung akan lebih senang makan jika sambil melihat-lihat keluar restoran/cafe.

5. HARGA

Harga merupakan faktor yang sangat relatif. akan tetapi, ada harga, ada kualitas. Jika kualitas makanan anda memang sangat baik, harga cukup mahal dapat diterima dengan wajar. Tapi lihat dahulu segmentasi pasar dan positioning restoran/cafe anda. Jika anda berniat membuka cafe di sekitaran kampus ataupun sekolah, sebaiknya tetapkan harga yang terjangkau. Pelajar pada umumnya, baik dari kalangan mampu atau biasa-biasa, pasti mencari tempat makan dengan harga yang terjangkau.


Demikianlah tips dan trik agar bisnis kuliner anda semakin banyak dikunjungi dan sukses. Kembali lagi, kesuksesan butuh kerja keras. Jika anda fokus dan optimis usaha anda akan maju, percayalah anda akan sukses ke depannya!

Thanks for reading, keep exploring!



1 comment:

  1. Mencari agen p0ker online yang terpercaya? WWW. OPPOP0KER .VIP tempatnya
    Fair play 100% Player vs Player dan banyak bonusnya loh
    tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda sekarang juga

    Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di:
    - Livechat : WWW. OPPOPOKER .VIP
    - BBM : 55A40723
    - WA : +6287843026179

    AGEN POKER
    AGEN POKER TERPERCAYA
    BANDAR CEME ONLINE TERBAIK
    BANDAR CEME TERPERCAYA
    BANDAR DOMINOQQ
    FREEBET GRATIS

    ReplyDelete